Sabtu, Agustus 02, 2014

Kesalahan buku menjawab tuduhan sebagai penyembah kuburan, seri ke 4





 Foto: ‎Kesalahan buku menjawab tuduhan sebagai penyembah kuburan seri ke 4
Komentarku ( Mahrus ali ):
Terjemahanku ( Mahrus  ali ) :

Terjemahanku ( Mahrus  ali ) :
Diriwayatkan dari Muhammad bin al-Munkadiri, ia berkata: Umar bin Khattab melewati kuburan dan orang-orang menggali makam untuk Zainab binti Jahsy di hari yang panas. Umar berkata: Andai aku membuatkan kemah untuk mereka. Maka dibuatkanlah  kemah  untuk  mereka. Dan hal itu adalah kemah pertama di atas kuburan,  Riwavat Ibnu Sa'd. 8/1131.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis  tsb lemah  sekali, sebab Muhammad al Munkadir tidak berjumpa  Umar bin Al Khatthab , sebab adalah tabiin pertengahan  tingkat 3. 

وَ قَدْ قَالَ ابْنُ مَعِيْنٍ ، وَ أَبوُ بَكْرٍ اْلبَزَّارُ : لَمْ يَسْمَعْ مِنْ أَبِى هُرَيْرَةَ .
وَ قَالَ أَبوُ زَرْعَةَ : لَمْ يَلْقَهُ .
وَ إِذَا كَانَ كَذَلِكَ فَلَمْ يَلْقَ عَائِشَةَ ، ِلأَنَّهَا مَاتَتْ قَبْلَهُ .
Sungguh Ibnu Ma`in dan Abu Bakar al Bazzar  berkata: Muhammad al Munkadir  tidak mendengar  dari Abu Hurairah. 
Abu Zar`ah berkata: Dia juga  tidak berjumpa dengannya. 
Bila  seperti itu, maka  dia  tidak berjumpa dengan Aisyah, karena beliau meninggal sebelum Abu Hurairah.  
Komentarku ( Mahrus ali ):
Apalagi  mendengar atau berjumpa dengan Umar bin Al Khatthab, sudah  tentu tidak bakal.Sebab wafatnya Umar lebih dulu  dari pada  Aisyah. 
 
Karena  itu, riwayat Muhammad bin Al munkadir itu lemah sekali,   dia  tidak akan bertemu dengan Umar, lalu mengapa dikisahkan seperti itu. Makanya  seluruh  penyusun kutubut tis`ah  tidak meriwayatkannya. Mereka tidak mencantumkan kisah itu dalam buku mereka. Dan kebanyakan  buku hadis  juga tdak memuatnya. Saya  tahu hanya di buku karya  Ibn Sa`ad . dan hanya  Ibn Sa`ad sendiri yang meriwayatkannya, dan  ini juga indikator lemahnya. Bila  di sahihkan, malah janggal sekali. Tidak populer hal seperti itu di sahihkan.  Ia  tidak bisa di buat pedoman karena sangat rapuh. Pedoman itu harus kokoh.‎

Komentarku ( Mahrus ali ):
Terjemahanku ( Mahrus  ali ) :

Terjemahanku ( Mahrus  ali ) :
Diriwayatkan dari Muhammad bin al-Munkadiri, ia berkata: Umar bin Khattab melewati kuburan dan orang-orang menggali makam untuk Zainab binti Jahsy di hari yang panas. Umar berkata: Andai aku membuatkan kemah untuk mereka. Maka dibuatkanlah  kemah  untuk  mereka. Dan hal itu adalah kemah pertama di atas kuburan,  Riwavat Ibnu Sa'd. 8/1131.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis  tsb lemah  sekali, sebab Muhammad al Munkadir tidak berjumpa  Umar bin Al Khatthab , sebab adalah tabiin pertengahan  tingkat 3.



وَ قَدْ قَالَ ابْنُ مَعِيْنٍ ، وَ أَبوُ بَكْرٍ اْلبَزَّارُ : لَمْ يَسْمَعْ مِنْ أَبِى هُرَيْرَةَ .
وَ قَالَ أَبوُ زَرْعَةَ : لَمْ يَلْقَهُ .
وَ إِذَا كَانَ كَذَلِكَ فَلَمْ يَلْقَ عَائِشَةَ ، ِلأَنَّهَا مَاتَتْ قَبْلَهُ .
Sungguh Ibnu Ma`in dan Abu Bakar al Bazzar  berkata: Muhammad al Munkadir  tidak mendengar  dari Abu Hurairah.
Abu Zar`ah berkata: Dia juga  tidak berjumpa dengannya.
Bila  seperti itu, maka  dia  tidak berjumpa dengan Aisyah, karena beliau meninggal sebelum Abu Hurairah.[1]
Komentarku ( Mahrus ali ):
Apalagi  mendengar atau berjumpa dengan Umar bin Al Khatthab, sudah  tentu tidak bakal.Sebab wafatnya Umar lebih dulu  dari pada  Aisyah.

Karena  itu, riwayat Muhammad bin Al munkadir itu lemah sekali,   dia  tidak akan bertemu dengan Umar, lalu mengapa dikisahkan seperti itu. Makanya  seluruh  penyusun kutubut tis`ah  tidak meriwayatkannya. Mereka tidak mencantumkan kisah itu dalam buku mereka. Dan kebanyakan  buku hadis  juga tdak memuatnya. Saya  tahu hanya di buku karya  Ibn Sa`ad . dan hanya  Ibn Sa`ad sendiri yang meriwayatkannya, dan  ini juga indikator lemahnya. Bila  di sahihkan, malah janggal sekali. Tidak populer hal seperti itu di sahihkan.  Ia  tidak bisa di buat pedoman karena sangat rapuh. Pedoman itu harus kokoh.




[1] Muasuah ruwatil hadis 6327
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan